Desa Kaligiri Launching Taman Bacaan Masyarakat

kaligiri.desabrebes.id . Membaca adalah suatu aktivitas penting bagi semua orang. Seperti halnya wahyu yang pertama kali turun kepada Nabi Muhammad SAW pada Surat Al-Alaq yang berisikan tentang perintah untuk membaca. Namun seringkali membaca menjadi hal yang sangat dihindari atau malas oleh sebagian orang. Hal inilah merupakan salah satu faktor mengapa negara kita susah bersaing dari negara-negara maju di dunia. Padahal, kalau misalnya kita mau berkaca pada negara-negara maju tersebut penduduknya memiliki kualitas membaca yang jauh lebih tinggi dibandingkan dengan negara kita.

Narasumber sedang memberikan pengetahuan pentingnya membaca ( Dok Pribadi )

Bacalah dengan (menyebut) nama Tuhanmu yang menciptakan.
Dia telah menciptakan manusia dari segumpal darah.
Bacalah, dan Tuhanmulah Yang Maha Pemurah.
Yang mengajar (manusia) dengan perataraan kalam (pena).
Dia mengajarkan kepada manusia apa yang tidak diketahuinya.

~ Q.S. Al-Alaq 1-5 ~

berdasarkan hal tersebut di atas maka pemerintah Desa Kaligiri Berkomitmen mendirikan Taman Bacaan masyarakat ( TBM ) yang mana sasarannya adalah  ibu-ibu PKK yang setiap saat Melakukan pertemuan Rutin, dan warga Masyarakat yang datang ke kantor balaidesa saat akan mengurus surat-surat . harapannya adalah ketika saat melakukan pertemuan ibu-ibu PKK bisa sambil membaca buku bacaan yang telah tersedia, serta bagi warga masyarakat yang ada keperluan mengurus surat surat administrasi di desa , sambil menunggu proses pelayanan bisa sambil santai dan membaca buku.

Karsono ( 53 ) Sekretaris Desa Kaligiri , dalam sambutan mewakili Kepala Desa Kaligiri di acara Louncing dan workshop TBM mengatakan bahwa Desa berkomitmen menumbuhkan minat baca masyarakat Desa Kaligiri dengan memfasilitasi dan mendirikan TBM yang di Danai dari Dana Desa Tahun Anggaran 2018, beliua juga mengatakan silahkan pengurus TBM yang sudah terbentuk agar bisa mengelola TBM secara profesional, jangan sampai fasilitas yang telah tersedia hanya di jadikan pajangan, atau buku-buku yang ada malah menjadi tidak berguna, jika di tahun pertama ini di kelola dengan baik maka kami dari pemerintah desa akan terus memsuport kegiatan ini dengan terus memberikan dana Stimulan dari desa melalui APBDes, pungkasnya.

Bejo Kristanto, M.Pd, selaku narasumber dalam workshop menegaskan bahwa masyarakat sejatinya harus di paksa agar meu membaca dan tumbuh minat membacanya , masyarakat Kaligiri harus bersyukur dan memanfaatkan sarana TBM, karena tidak semua Desa berani memfasilitasi lewat APBDes, memang banyak TBM yang sudah berjalan tapi rata-rata itu bukan bersumber dari Pemerintah Desa,

di saat yang sama Siti Anisah perserta Workshop TBM mengatakan sangat senang dengan adanya TBM di kantor Balaidesa Kaligiri Ini, ya saya sangat senang dengan adanya TBM ini, karena saya bisa banyak membaca buku yang ada, mulai dari Buku keagamaan sampai pada Buku resep masakan , sehingga pengetahuan saya akan bertambah, tuturnya.

( Kal/redaktur )

Jadwal Sholat

Suara Warga

Untuk menjalin berkomunikasi dengan warga Kaliloka silahkan bergabung dengan Group Warga Desa Kaliloka, silahkan klik tombol dibawah ini.

Iklan Layanan Masyarakat

Berita Terkait